BEBERAPA HAL YANG PERLU KAMU KETAHUI TENTANG IKAN HIU

Ikan hiu adalah sekelompok ikan dengan kerangka tulang yang lengkap dan memiliki tubuh ramping.  Mereka bernapas dengan 5 liang insang(kadang 6 atau 7 tergantung spesiesnya).
Hiu juga mempunyai tubuh dengan kulit dermal denticles untuk melindungi kulit dari kerusakan, parasit dan untuk menambah dinamika air.

Terdapat banyak sekali jenis hiu di dunia ini. Tetapi sekarang akan kita bahas fakta-fakta unik hiu pada umumnya sebagai berikut:

1. Hiu memiliki penciuman yang kuat

Hiu dapat mendeteksi mangsa dari jarak 2 km. Sebab 2/3 otak hiu didedikasikan untuk lobus olfaktorius(penciuman). Lubang hidung hiu terletak di bagian bawah moncong mulutnya.
Air mengalir melalui lubang hidung ini secara terus menerus, sehingga hiu selalu tahu kondisi sekitarnya. Maka, tidak satupun yang memiliki kesempatan untuk melarikan diri dari cengkeraman mautnya.

2. Hiu putih dapat hidup tahan lama tanpa makan

Hiu putih terkenal dengan keganasannya. Meskipun terlihat sangat rakus, hiu putih raksasa dapat hidup beberapa bulan tanpa makanan.  Semakin lama hiu putih tidak makan, maka semakin baik keterampilannya untuk memburu mangsa. Berhati-hatilah dan jangan berani berenang ketika tahu ada hiu yang kelaparan.

3. Hiu akan tenggelam apabila berhenti berenang

Kebanyakan ikan memiliki organ seperti balon berisi gas yang memungkinkan ikan tetap mengapung dan bertahan di dalam air atau yang biasa disebut kandung renang. Namun, hiu tidak memiliki kandung renang.
Oleh karena hiu tidak memiliki organ tersebut maka, hiu akan tenggelam ketika mereka berhenti berenang. Hal ini juga ditambah dengan berat tubuh mereka yang lebih berat daripada air.

4. Hiu sering menyangka manusia adalah anjing laut

Hiu sebenarnya sedikit minat pada daging manusia. Beberapa jenis hiu yang sering menyerang manusia adalah hiu putih, hiu banteng dan hiu harimau. Namun, serangan tersebut sebenarnya keliru.
Dalam air keruh, terkadang hiu sulit membedakan manusia dengan mangsa yang biasa mereka serang seperti anjing laut.
Pada umumnya, ketika menggigit manusia, hiu akan segera membebaskan manusia dan pergi untuk menemukan mangsa yang mereka inginkan.

5. Hiu menyerang dari bawah

Hiu putih adalah predator penyergap dan menggunakan teknik yang disebut dengan Polaris dan melibatkan kelihaian dan kekuatan.
Mereka mondar-mandir di bawah permukaan laut untuk mencari mangsa di atas. Mereka menggunakan ekor yang sangat kuat untuk memacu kecepatan, hiu putih akan menggigit mangsanya sambil menyeret ke bawah untuk menenggelamkan mangsa tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *