CUMI CUMI MEMILIKI 3 JANTUNG? BERIKUT FAKTA TENTANG CUMI CUMI

Cumi-cumi adalah salah satu hewan golongan invertebrata dalam kelompok hewan cephalopoda besar/jenis moluska yang hidup di laut.  Cephalopoda dalam bahasa Yunani berarti “kaki kepala”, hal ini karena kakinya yang terpisah menjadi sejumlah tangan yang melingkari kepala.
Terdapat beberapa fakta unik cumi-cumi yang akan kita bahas bersama berikut ini :

1. Cumi-cumi memiliki 3 jantung

Cumi cumi memiliki 3 jantung yang masing-masing memiliki peranan.  2 jantung di dekat insangnya sedangkan satu jantung lainnya berada pada bagian dalam tubuhnya.
Cumi-cumi dapat memancarkan cahaya yang berasal dari organ tubuhnya pada bagian kepalanya. Cahaya tersebut digunakan untuk mencari makanan khususnya pada malam hari sehingga cumi-cumi dapat dengan mudah melihat dan menangkap mangsanya.

2. Cumi-cumi dapat mengeluarkan tinta hitam

Cumi-cumi akan mengeluarkan tinta hitam untuk menghindari diri mereka dari kejaran predator.  Warna hitam yang dikeluarkan pekar dan mampu menghitamkan air di sekitarnya, sehingga predator tidak dapat melihat dalam sekejap dan cumi-cumi itu dapat menyelamatkan diri.

3. Cumi-cumi dapat berenang dengan sangat cepat

Cumi-cumi mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk bergerak lihai karena adanya sistem yang sangat menarik. Tubuh lunaknya diselimuti oleh lapisan pelindung tebal yang di bawahnya air dalam jumlah besar disedot dan disemburkan oleh otot-otot yang kuat, sehingga memungkinkan bergerak mundur.
Lapisan tipis kulit yang menutupi lengan dan tubuh makin membantu sistem berenang pada cumi-cumi. Cumi-cumi mengapung dalam air dengan melambai-lambaikan selaput berbentuk tirai.  Ini berguna untuk menyeimbangkan tubuh selama mengambang.  Lengan-lengannya juga berguna mengerem untuk menghentikan laju.

4. Cumi-cumi memiliki 2 buah tentakel kontraktil

Hewan tak bertulang belakang  (invertebrata) seperti cumi-cumi memiliki 2 buah tentakel kontraktil yang berguna untuk makan,  meraba dan menggenggam mangsanya.
Tentakel ukurannya lebih panjang daripada lengan dan memiliki alat penghisap pada ujungnya.  Cumi-cumi dan sotong umumnya memiliki 8 lengan seperti gurita, tetapi juga memiliki sepasang tentakel yang merupakan cara termudah untuk membedakan kedua hewan tersebut dengan gurita.

5. Cumi-cumi memiliki tubuh yang sangat lunak

Cumi-cumi adalah hewan bertubuh lunak memanjang silindris dan bagian belakang meruncing dengan sepasang sirip berbentuk segitiga.
Tubuh cumi-cumi terdiri dari isi rongga tubuh dan mantel.  Lapisan isi rongga tubuh berbentuk silinder dengan dinding sebelah dalam tipis dan halus.
Mantel berukuran tebal,  berotot dan menutupi isi rongga tubuh pada seluruh sisi serta memiliki tepi yang disebut leher.  Warna mantel putih dengan bintik-bintik merah ungu sampai kehitaman dan diselubungi selaput tipis berlendir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *