FAKTA UNIK GURITA

Gurita adalah kelompok cephalopoda yang dikenal memiliki kecerdasan tinggi.Gurita bisa berkamuflase meniru lingkungan sekitarnya untuk menghindari incaran pemangsa. Cara bergerak hewan ini juga unik, yaitu dengan menyemburkan air, seperti cara kerja mesin jet.

Berikut adalah fakta lain mengenai gurita yang harus Anda ketahui.

  1. Terdapat dua kelompok gurita.

Di alam, terdapat sekitar 300 spesies gurita (Octopoda). Spesies tersebut terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Cirrina dan Incirrina. Cirrina (juga dikenal sebagai gurita laut dalam bersirip) memiliki dua sirip di kepala dan cangkang internal kecil. Gurita dalam kelompok ini juga memiliki cirri atau filamen kecil seperti silia di lengan yang mungkin berperan dalam proses makan. Kelompok lain, gurita incirrina (gurita bentik dan argonaut) mencakup banyak spesies gurita yang banyak dikenal.

  1. Gurita memiliki lengan, bukan tentakel.

Kesalahan umum adalah menganggap lengan gurita sebagai tentakel. Tentakel umumnya lebih panjang dari lengan dan hanya memiliki pengisap di ujungnya. Di lain pihak, lengan gurita memiliki pengisap hampir di sepanjang lengan.

  1. Gurita menyemprotkan tinta sebagai cara mempertahankan diri.

Sebagian besar spesies gurita bisa melepaskan tinta hitam tebal yang membingungkan predator dan memberikan gurita kesempatan untuk melarikan diri. Salah satu pigmen dalam tinta gurita adalah melanin (pigmen yang juga terdapat pada kulit dan rambut manusia).

  1. Sel-sel kulit khusus yang disebut kromatofora memungkinkan gurita berkamuflase dengan meniru lingkungan sekitar. Kromatofora memungkinkan gurita menyamarkan diri sehingga sulit dibedakan dengan sekitarnya yang dilakukan dengan mengubah penampilan epidermis.
  2. Dalam bahasa Inggris, terdapat tiga bentuk plural dari gurita (octopus).

Bentuk kata plural octopus adalah octopi, optopuses, dan octopodes.

  1. Gurita termasuk dalam kategori cephalopoda.

Cephalopoda adalah kelas moluska yang mencakup cumi-cumi, sotong, nautilus, dan gurita. Cephalopoda ditandai dengan bentuk badan bilateral simetris, memiliki kepala, lengan, dan dalam beberapa kasus, tentakel.

  1. Gurita memiliki tiga jantung.

Dua jantung digunakan untuk memompa darah ke masing-masing paru-paru, sedangkan satu jantung lainnya digunakan untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

  1. Gurita memiliki rentang hidup singkat.

Rentang hidup gurita bervariasi antar spesies dan berkisar antara enam bulan sampai lima tahun.

  1. Gurita dikenal sebagai hewan cerdas.

Gurita diyakini merupakan hewan invertebrata paling cerdas yang memiliki kemampuan pemecahan masalah (bukan hanya mengandalkan naluri).

  1. Gurita dapat memasuki celah kecil.

Karena tidak memiliki tulang atau cangkang internal atau eksternal, gurita mampu memanipulasi tubuh untuk memasuki celah sempit.

  1. Gurita bergerak dengan merayap atau menggunakan propulsi jet.

Gurita adalah salah satu dari beberapa hewan yang mampu bergerak dengan cara propulsi jet. Cara bergerak propulsi jet dilakukan dengan mengontraksi mantel untuk mendorong air keluar sehingga membuat gurita bergerak maju. Karena propulsi jet membutuhkan banyak energi, gurita juga sering merangkak (merayap) untuk menghemat tenaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *