IKAN SALMON, BISA HIDUP DI SUNGAI DAN LAUT?

Salmon merupakan jenis ikan dari famili Salmonidae. Secara umum, salmon adalah spesies anadromous, yaitu spesies ikan yang menghabiskan hidupnya untuk tumbuh dewasa di laut dan berpindah atau mencari air tawar untuk melakukan pemijahan atau bertelur. Ada kepercayaan bahwa salmon selalu kembali ke tempat ia dilahirkan untuk berkembang biak. Jadi, sudah terjawab ya mengapa ikan salmon bermigrasi.

Setiap tahun ikan salmon akan bermigrasi dari Samudera Pasifik atau Samudera Atlantik ke sungai-sungai tempat mereka dilahirkan. Jika dihitung, perjalanan yang dilakukan oleh ikan salmon bisa mencapai 1.000 kilometer lebih. Saking jauhnya, banyak ilmuwan yang mengatakan, bahwa migrasi yang dilakukan oleh ikan salmon adalah migrasi terberat di dunia satwa.

Ikan salmon lahir di sungai dan hidup di sana hingga remaja. Setelah remaja, ikan salmon akan bermigrasi ke laut. Selama hidupnya di laut, salmon memangsa udang, kepiting dan invertebrata laut lainnya, menyimpan energinya untuk migrasi yang panjang, dan sementara akan berpuasa ketika berada di sungai. Salmon betina dapat mengeluarkan telur sebanyak tujuh kali sebelum telur dalam ovariumnya habis. Oleh karena itu, salmon bisa mati kelelahan setelah bertelur. Telur salmon diletakkan di bawah kerikil pada air yang dingin dengan berarus yang baik untuk suplai oksigen. Sebagian besar salmon mati segera setelah pemijahan (bertelur), hanya sekitar 15% yang dapat kembali ke hilir (laut).

Sebuah studi yang dirilis Xinhuanet, menunjukkan bahwa ikan dapat mewarisi semacam “built -in GPS” atau dengan pengertian bahwa ikan salmon mempunyai peta petunjuk arah untuk menunjukan mereka untuk pulang.

Pada dasarnya, ikan bertindak seolah-olah mereka memiliki peta berdasarkan medan magnet dari naluri mereka. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa salmon menggunakan kombinasi intensitas magnetik dan sudut kemiringan bumi untuk menilai lokasi geografis mereka dan membimbing mereka sesuai keinginan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *