SEAWEED DAN SEAGRASS, APA BEDANYA?

Rumput laut atau yang biasa disebut dengan seaweed merupakan tanaman makro alga yang hidup di laut yang tidak memiliki akar, batang dan daun sejati dan pada umummnya hidup di dasar perairan. Rumput laut disebut tanaman karena memiliki klorofil (zat hijau daun) sehingga bisa berfotosintesis. Rumput laut juga sering disebut sebagai alga atau ganggang pada daerah-daerah tertentu di Indonesia. Akan tetapi rumput laut (seaweed) berbeda dengan lamun (seagrass). Lamun adalah tanaman yang hidup dilaut dan tidak memiliki klorofil. Lamun merupakan kompetitor bagi rumput laut, dan biasanya tumbuh di daerah dekat pantai yang cenderung kotor. Rumput laut bersama-sama dengan lamun adalah kontributor penting pada rantai makanan di perairan pantai (Luning,1990). Tumbuhan bentik ini pada lingkungan laut terbukti sebagai penyedia habitat dan makanan untuk herbivora (Dawes, 1981).

Seaweed adalah tumbuhan yang tidak dapat dibedakan antara bagian akar, batang dan daun. Semua bagian tumbuhannya disebut thallus. Karena bentuknya seperti rumput terutama yang berukuran besar dan hidupnya di laut, maka orang awam terutama kaum usahawan sering menyebutnya rumput laut. Berbeda dengan lamun. Lamun adalah sejenis tumbuhan yang hidup di laut juga, tetapi Lamun dapat dibedakan bagian akar, batang dan daun. (Susanto, 2008). Seaweed terdiri dari beberapa kelompok algae multiseluler: algae merah, hijau dan coklat. Sebagai tambahan, algae hijau biru (Cyanobacteria) yang membentuk rumbai-rumbai juga terkadang dianggap sebagai seaweeds (Anonimous, 2008). Pada umumnya untuk memudahkan pada istilah bahasa Indonesia, seaweed tetap disebut sebagai rumput laut, sedangkan seagrass disebut lamun. Beberapa jenis seaweed dapat diekstrak untuk mendapatkan agar, diantaranya yaitu dari genus Gelidium, Gracilaria dan Euchema. Selain agar, dapat puladiperoleh ekstrak karaginan dari beberapa species yaitu dari genus Chondrus, Gigartina, Euchema, dan Hypnea.

Lamun adalah tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang seluruh proses kehidupannya berlangsung di perairan laut dangkal. Kenampakan luar dari tumbuhan kelompok ini mempunyai kemiripan dengan kerabatnya yang tumbuh di darat yaitu rumput. Lamun mempunyai akar, daun, bunga, dan jaringan-jaringan yang dilapisi lignin sebagai penyalur bahan makanan, air dan gas. Adapun yang membedakannya dengannya dengan tumbuhan darat adalah pada lamun tidak mempunyai stomata (Susetiono, 2004:3).

Berbeda dengan lamun ada juga tumbuhan laut lainnya yang disebut rumput laut, yaitu berapa jenis tumbuhan dari kelompok algae merah, hijau dan coklat. Dari kelompok inilah, pada beberapa jenis dapat diolah menjadi bahan agar-agar karena kandungan kimianya. untuk membedakannya dari lamun maka rumput laut dari kelompok algae dalam bahasa Inggis disebut sebagai seaweed, sedangkan lamun disebut sebagai seagrass. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, baik ‘weed’ maupun ‘grass’ diartikan sebagai rumput, jadi tetap saja dua-duanya rumput laut, sehingga sering menimbulkan kerancuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *