SUDAH KENALKAH DENGAN PARI AIR TAWAR?

Pari Air Tawar dalam bahasa Inggris di sebut Freshwater Stingray dengan bahasa latin Potamotrygonsp pada beberapa tahun ini mulai populer oleh para penghobi ikan hias air tawar, ikan Pari Air Tawar ini memiliki bentuk tubuh yang unik dan cara berenangnya yang seperti terbang mengepakkan sayap dalam aquarium.

Pada beberapa sungai besar di seluruh dunia terdapat spesies Pari Air Tawar, namun spesies yang paling banyak di temukan di sepanjang sungai Amazon dan beberapa negara di Amerika Selatan, mulai dari Peru, Kolumbia sampai ke Brazil adalah jenis Potamotrygon Motoro, Potamotrygon LeopoldiPotamotrygonEstrella,  Potrygon poliodon dan sakura dan lain-lain. Jenis leopoldi adalah yang paling mahal, karena warnanya juga paling unik, totol putih di warna tubuhnya yang hitam. Momotaro merupakan ikan pari air tawar yang sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Harganya juga masih terjangkau dibanding dengan jenis ikan pari yang lainnya. Harga ikan pari air tawar eceran masih anakan dengan diameter antara 10 sampai 12 cm, saat ini rata-rata 750.000 Rupiah /ekor jika di export harga ikan pari air tawar ini bisa mencapai 166.610 USD atau sekitar 1.500.000 Rupiah , dan yang dewasa bisa mencapai harga 70.000.000 – 100.000.000 Rupiah.

Seperti Pari yang ada di laut Laut, Pari Air Tawar juga mempunyai sengat yang terdapat pada bagian bawah ekornya, sengat tersebut cukup berbahaya bila tersengat, apalagi kalau diameter Pari nya cukup besar, mungkin bisa mengakibatkan kematian.

Ikan pari di alam hidup di bagian benthopelagis perairan tawar, juga payau. Hidup didaerah estuari atau sungai-sungai yang berdasar pasir.

Ikan Pari air tawar sama seperti kebanyakan ikan predator lainnya, di alam liar makanan ikan pari adalah penghuni dasar perairan yaitu ikan-ikan kecil, udang-udangan dan kerang-kerangan. Untuk pemeliharaan ikan pari bisa diberikan udang yang masih hidup atau ikan ikan kecil, tetapi Ikan Pari air tawar ini tidak masalah jika di berikan makanan laut. Ikan Pari air tawar sering juga diberi makanan laut beku oleh para penghobi atau pembudidaya ikan pari ini, seperti udang atau ikan yang dipotong-potong dan diberikan sehari dua kali.

Ikan Pari air tawar sangat dipengaruhi oleh kualitas air, baik di kolam maupun akuarium. Idealnya, ikan pari air tawar ini dibudidayakan dalam air dengan Temperatur 20°-30° celcius.

Bila ingin memelihara Pari Air Tawar kondisi air haruslah di perhatikan, Pari Air Tawar menginginkan air Tua (air yang diendapkan lama) yang jernih, oleh karena itu sebelum Ikan Pari ini dipelihara ada baiknya menyiapkan air yang sudah diendapkan minimal 1 hari. dengan Amoniak rendah dan pH Air sekitar 6.5.  Kualitas air juga harus diperhatikan dengan menguras kolam atau akuarium seminggu sekali.

Dengan fisik ikan pari air tawar yang cukup lebar, sayapnya bisa sampai 60 cm saat dewasa, disarankan para penghobi atau pembudidaya menempatkan ikan pari di kolam/aquarium yang memiliki ukuran minimal dua kali ukuran lebar tinggi ikan maksimal. Contoh pada Ikan Pari air tawar berukuran 40 cm harus menyiapkan kolam/aquarium dengan ukuran standar seluas 3 m x 1 m. Ikan Pari air tawar tidak masalah di berikan tankmate agar ikan pari ini aktif, bisa berdampingan dengan Ikan Arwana.

Ikan Pari bersifat dioecious, yaitu alat kelamin jantan dan betina dapat dibedakan dengan jelas. Pari jantan mempunyai sepasang alat kelamin terletak di pangkal ekor yang dinamakan clasper, yang bila telah berukuran panjang melebihi dari sirip perut maka Pari tersebut dapat dikatakan telah dewasa. Sedangkan untuk betina tidak mempunyai clasper namun alat atau lubang kelaminnya dapat terlihat. dan dapat dilihat juga pada pari air tawar jantan memiliki penjepit di kedua sisi pangkal ekornya, sementara yang betina tidak. Ikan pari bersifat ovovivipar yaitu bertelur dan beranak.

Ikan Pari air tawar siap berkembangbiak jika sudah berumur di atas dua tahun dengan perbandingan satu pejantan dengan tiga betina. Cara pembuahannya, hanya mencampurkan pejantan dan betina dalam bak kolam. Idealnya satu betina sekali beranak menghasilkan 8 ekor. Ikan Pari air tawar juga dapat di lakukan kawin silang, karena faktor bentuk, corak, warna, maupun tingkah laku ikan sangat mempengaruhi harganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *